Dibalik Penggalian Bukit Kapur Setigi, Sekapuk Gresik.

Goa bekas galian
Patung di bekas galian. Ok banget

Semua orang mungkin tidak asing lagi dengan kapur. Kapur ini biasanya digunakan untuk campuran  bahan bangunan, bahkan digunakan juga sebagai alat tulis untuk menulis di papan tulis yang berwarna hitam. Sekarang,uda jarang sekolah menggunakan alat ini. Papan tulisnya sudah berganti menjadi warna putih, bukan istilah “blackboard” lagi, namun sudah menjadi “whiteboard” yang alat tulisnya menggunakan spidol.

Nah, kembali ke Kapur tadi, orang Jawa timur menyebutnya “gamping”. Gamping ato kapur ini akan banyak dibutuhkan oleh pekerja bangunan. Tau kah kalian, dimana tempat mengambil kapur atau gamping ini?

Di Gresik ini, tepatnya di daerah Sekapuk ada bukit yg mengandung kapur. Bukit ini oleh warga sekitar dimanfaatkan dan diambil dengan memotong batu kapur sesuai yg dibutuhkan. Kemudian di olah di pabrik setelah itu, siap di distribusikan.

Bukit kapur yang diambil oleh penambang ini, dalam waktu yang lama telah  merubah tempat itu yang awalnya dari bukit kapur menjadi tempat yang penuh dengan lubang dan goa. Akhirnya oleh pemerintah desa setempat dengan  moda dana desa, bekas galian kapur tersebut, dimanfaatkan dan di permak menjadi tempat wisata yang justru bermanfaat bagi warga sekitar.

Setigi, wisata bukit kapur di daerah Gresik ini, menjadi salah satu contohnya. Di sini, kalian bisa melihat keseluruhan isi wisata Setigi dari bukit kapur yang paling tinggi. Tapi, kalian harus naik dulu lewat tangga yg lumayan banyak. Oh ya, di tempat ini kalo siang dan pas cuacanya cerah, maka hawane panas banget. Jadi saya usulkan ke sini nya waktu sore ato pagi hari.

Di wisata ini, kalian bisa masuk ke goa bekas penggalian kapur. Goa ini terbentuk, karena bukitnya di gali terusan, akhirnya terbemtuk mirip goa.

Selain itu, lubang bekas galian dimanfaatkan menjadi danau, dan diberi perahu pancal yang bisa dinaiki 2 orang untuk memgelinlingi danau tersebut. Tidak ketinggalan buat anak anak juga disiapkan kolam renang serta permainan ATV.

Untuk urusan perut, jangan kuatir ya. Di wisata ini, sudah banyak foodcourt yang jualan minum dan makanan ringan. Jadi tidak perlu kuatir kelaparan deh. Pembuat wisata ini rupanya tahu benar, apa yang dibutuhkan wisatawan. Di setiap sudut dan wahana selalu di sediakan gazebo kecil untuk tempat berlindung dari panas atau hanya untuk melepas lelah setelah naik turun bukit kaputr tersebut.Nah, tidak ada salahnya buat bunda n ayah untuk mengajak ananda ke sana, sekalian untuk wisata edukasi bagi mereka. Yukk cuzz ke sana..


Danau, bakas galian kapur
Danau Bekas Galian Kapur
Puncak Bukit Kapur
Puncak Bukit Kapur.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like